Peran Tanah Terhadap Evaluasi Banjir

Peran Tanah Terhadap Evaluasi Banjir

( Studi Kasus Banjir di DKI Jakarta )

Oleh : Bhian Rangga

FKIP Geografi UNS

 

A.      Pendahuluan

Bencana banjir merupakan salah satu bencana yang melanda di setiap wilayah di Indonesia. Pulau – pulau di Indonesia yang rawan bahaya banjir antara lain : Pulau Jawa, pulau Kalimantan, Pulau Sumatera, Pulau Jawa. Salah satu kota di Pulau Jawa yang sering terkena banjir adalah Jakarta. Bencana tersebut selain menimbulkan kerugian material juga dapat menimbulkan kerugian jiwa manusia. Salah satu faktor penyebab timbulnya bencan tersebut adalah perilaku manusia yang tidak memperhatikan aspek lingkungan. Adapun perilaku manusia yang menyebabkan banjir seperti membuang sampah tidak pada tempatnya, penebangan hutan secara ilegal. Selain penyebab dari perilaku manusia, banjir juga disebabkan oleh curah hujan yang berlebihan di suatu wilayah sehingga menyebabkan debit air yang mengalir melalui sungai melebihi kapasitas yang ada. Penggunaan lahan yang tidak sesuai peruntukannya dapat juga menimbulkan kawasan tersebut terkena banjir. Seperti adanya permukiman di sepanjang bantaran sungai, penanaman pohon yang tidak sesuai di sepanjang sungai dan lain sebagainya. Sehingga tanah yang berada di sekitar sungai akan menjadi tidak optimal karena ketidaksesuaian lahan tersebut.

Salah satu manfaat adanya banjir adalah memberikan dampak terhadap kesuburan tanah, yaitu dengan adanya banjir maka akan terjadi proses sedimentasi material banjir, sehingga kandungan unsur hara tanah yang terbawa oleh luapan banjir akan terbawa dan akan terjadi sedimentasi.

Berdasarkan uraian di atas maka permasalahan yang timbul adalah: ( 1 ) bagaimana persebaran banjir di DKI Jakarta ?, (2) Bagaimana peran tanah dalam evaluasi Banjir , ( 3 ) bagaimana peran manusia dalam mengelola tanah di sekitar daerah rawan banjir ?

 …………………………………………………………………………………………………………….

          Ingin Download file lengkap dibawah ini…..silahkan dicopy-paste, tetapi cantumkan sumbernya dari blog ini dari bhianrangga.wordpress.com , dan sertakan daftar pustaka yang relevan

JUDUL PERAN TANAH TERHADAP EVALUASI BANJIR

MAKALAH GEOGRAFI TANAH_PERAN TANAH TERHADAP EVALUASI BANJIR

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s