Persebaran Warung Sate Jamu di Laweyan Solo

       Kota solo sebagai salah satu kota kuliner mempunyai banyak ragam dan jenis jajanan dan hidangan yang ditawarkan. Salah satu diantaranya adalah “Sate Jamu” yang berbahan dasar daging anjing. Istilah Sengsu untuk warung-warung yang menjual sate yang berbahan dasar Sate Anjing juga menjadi nama yang banyak ditemukan jika kita berjalan-jalan ke daerah Yogyakarta. Perihal mengapa dinamakan sate Jamu menurut informasi umum yang kami dapatkan, konon karena diyakini oleh sebagian orang bahwa racikan sate dari daging anjing tersebut bisa digunakan sebagai jamu atau obat tradisional untuk penyakit kulit (gatal-gatal).
Mengenai kebenaran dari keyakinan sebagian orang tersebut kami tidak tahu persis, tetapi begitulah kira-kira asal-usul penamaan Sate Jamu. Karena penamaannya yang “Sate Jamu” itulah tersebut pulalah kadang menyebabkan orang yang tidak tahu „terjebak‟. Beberapa kasus calon konsumen yang urung menikmati sate jamu gara-gara mengetahui bahan dasarnya daging anjing pernah terjadi.
Biasanya calon konsumen yang tidak tahu adalah mereka yang berasal dari luar Kota Solo, wisatawan atau orang yang sekedar singgah. Umumnya calon konsumen yang tidak tahu-menahu perihal Sate Jamu mendatangi warung Sate Jamu sekedar ingin mencicipi hidangan kuliner yang sekaligus bermanfaat bagi kesehatan karena di dalam namanya terdapat kosakata „jamu‟ yang sekilas mengarah kepada konotasi kesehatan, namun setelah mengetahui bahwa penamaan Sate Jamu adalah substansi yangb berbeda maka ada yang langsung mengurungkan niatnya.
Umumnya para calon konsumen tidak jadi menikmati sate jamu karena alasan agama (diharamkan) ataupun karena daging anjing bukan hidangan yang populer/umum di tempat asal mereka. Di dalam laporan ini akan disajikan mengenai fenomena sate gu-guk atau sate jamu yang ada di Daerah Solo khususnya yang ada di Kecamatan Laweyan.

…………………………………………………………………………………………………………….

          Ingin Download file lengkap dibawah ini…..silahkan dicopy-paste, tetapi cantumkan sumbernya dari blog ini dari bhianrangga.wordpress.com , dan sertakan daftar pustaka yang relevan

COVER

KATA PENGANTAR

PEMBAHASAN

LAMPIRAN

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s