Proses Pengkotaan Di Desa Dagen Jaten Karanganyar

PROSES PENGKOTAAN ( URBANISASI )

DI DESA DAGEN KECAMATAN JATEN KABUPATEN KARANGANYAR

Disusun Oleh :

  1. Abdul Karim                    K 5410001
  2. Bayu Taufiq Wana           K 5410011
  3. Bhian Rangga J.R             K 5410012
  4. Gigih Erlangga                 K 5410021
  5. Gogo Prayogo                  K 5410022

A.  Latar Belakang

Kota merupakan suatu daerah atau kawasan yang memiliki tingkat keramaian dan kepadatan penduduk yang tinggi. Keramaian dan kepadatan penduduk tersebut terjadi akibat banyak dan lengkapnya fasilitas publik yang berkenaan dengan sarana dan prasana kota seperti pasar, rumah sakit, sekolah, tempat hiburan, supermarket, dan lain sebagainya. Sehingga kota diidentikan dengan suatu daerah yang mampu mencukupi kebutuhannya secara mandiri.

 Perkembangan suatu kota tidak dapat terlepas dari pengaruh dari kota-kota besar lain yang lebih maju dan berkembang sebelumnya. Artinya bahwa kota yang telah berkembang dan besar akan secara terus menerus melakukan perkembangan atau pemekaran kota dan akibat yang ditimbulkan oleh perkembangan kota adalah adanya kecenderungan pergeseran fungsi-fungsi kekotaan ke daerah pinggiran kota (urban fringe) yang kemudian disebut dengan proses perembetan kenampakan fisik kekotaan ke arah luar (urban sprawl).

Hal inilah yang akan dijelaskan dalam makalah ini, yakni proses pengkotaan (urbanisasi) di daerah Desa Dagen, Kecamatan Jaten, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Perkembangan ke arah kota di Desa Dagen merupakan pengaruh dari perkembangan kota yang terlebih dahulu maju yaitu Kota Surakarta. Desa Dagen merupakan daerah perbatasan antara Kota Surakarta dan Kabupaten Karanganyar sehingga dapat disebut sebagai daerah pinggiran kota (urban fringe), jadi dapat disimpulkan juga bahwa Desa Dagen merupakan kenampakan dari sebuah gejala urban sprawl (pemekaran kota) dari Kota Surakarta.

 …………………………………………………………………………………………………………….

          Ingin Download file lengkap dibawah ini…..silahkan dicopy-paste, tetapi cantumkan sumbernya dari blog ini dari bhianrangga.wordpress.com , dan sertakan daftar pustaka yang relevan

COVER

HALAMAN DEPAN

MAKALAH

PETA CITRA

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s