Dampak LumpurLapindo Terhadap SumberdayaMineral

    Semburan lumpur panas di Kabupaten Sidoarjo yang muncul pertama kali pada tanggal 29 Mei 2006 bertepatan 2 hari setelah gempa di Yogyakarta tanggal 27 Mei 2006, terjadi suatu peristiwa geologi yang pertama kali terjadi di Indonesia di areal persawahan Desa Siring, Kecamatan Porong. Dimulai dari semburan-semburan kecil di dekat titik pengeboran, kemudian ber henti, setelah itu terjadi semburan baru yang mun cul di daerah lain, namun masih berdekatan dengan lokasi pengeboran, kemudian berhenti lagi. Sampai kemudian lumpur muncul di tempat lain, yang sampai sekarang lumpur ini belum berhenti.

   Sampai saat ini semburan lumpur belum menunjukkan penurunan tingkat semburannya, meskipun berbagai peneliti an dan hipotesa yang terkait dengan penyebab semburan telah dilaku kan oleh berbagai instansi serta melibatkan berba gai bidang disiplin ilmu.

Awal Januari 2010 gelembung-gelembung gas mulai menyeruak dari halaman rumah warga. Gas akibat semburan lumpur dapat menyala saat tersulut api. Meski hanya berlangsung beberapa hari, kejadian ini bisa menunjukkan  warga Besuki Timur, Ketapang, Mindi, Jatirejo Barat, Siring Barat, Gedang, dan desa-desa di sekitar pusat semburan hidup sangat tidak aman. Selama empat tahun, tak kurang dari 180 semburan dan gelembung gas dijumpai. ( Sumber : Kompas 1 Juni 2010 ).

        Tentu saja akibat semburan lumpur lapindo mengandung berbagai macam maineral – mineral yang terkandung di dalamnya. Pada makalah ini akan kami uraikan mengenai dampak sumber daya mineral akibat semburan lumpur PT. Lapindo Brantas. Dari lingkup bahasan yang sepertinya cukup sempit ini ternyata banyak masalah yang menjadi pekerjaan pemerintah Indonesia pada khususnya dan masyarakat Porong Sidoarjo pada umumnya untuk saat ini dan yang akan datang.

 ………………………………………………………………………………………………………….

          Ingin Download file lengkap dibawah ini…..silahkan dicopy-paste, tetapi cantumkan sumbernya dari blog ini dari bhianrangga.wordpress.com , dan sertakan daftar pustaka yang relevan

DAMPAK SEMBURAN LUMPUR LAPINDO BRANTAS TERHADAP SUMBER DAYA MINERAL

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s