Hutan Sebagai Media Pembelajaran Geografi Lingkungan Bagi Dunia Pendidikan ”.

        Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia terletak di antara 940 05’ BT-1410 01’BT dan 60 08’ LU-110 05’LS. Hutan tropik yang terdapat di Indonesia merupakan terluas ketiga di dunia serta memiliki keanekaragaman ekosistem yang tinggi, mulai dari hutan hujan dataran tinggi sampai dengan hutan rawa yang terdapat di dataran rendah. Hutan rawa air tawar dan rawa gambut yang luas dapat dijumpai di Kalimantan, Sumatera, dan Irian Jaya. Kalimantan memiliki hutan kerangas terluas di Asia Tenggara, sedangkan Sulamesi memiliki hutan tanah ultrabasa terluas di dunia. Hutan pegunungan bawah dan atas, juga padang rumput alpin terdapat di puncah-puncak gunung tertinggi di Jawa, Irian, dan Sumatera. Keanekaragaman tumbuhan yang terdapat pada hutan di Indonesia sangat tinggi. Hutan tropis Indonesia memiliki bunga besar yang langka yaitu Rafflesia yang dapat dijumpai di Kalimantan, Sumatera, dan Jawa. Selain itu, terdapat 5000 spesies bunga anggrek yang merupakan kebanggaan bangsa Indonesia, diperkirakan setengahnya terdapat di Irian Jaya dan 2000 spesies di Kalimantan.

       Pembelajaran lingkungan hidup dimulai sejak anak – anak hingga orang dewasa. Hal ini  merupakan hal strategis yang seyogianya dilaksanakan. Bagaimana pun besarnya potensi sumberdaya alam khususnya sumberdaya alam hutan dalam menunjang kehidupan manusia, nampaknya tidak akan dapat termanfaatkan dengan baik dan optimal secara berkelanjutan, jika tidak memiliki komitmen dan tanggung jawab terhadap keberlanjutan sumberdaya itu sendiri. Untuk itu komitmen dan tanggung jawab tersebut harus dibentuk pada diri manusia.

       Berdasarkan uraian tersebut, maka disusunlah makalah yang berjudul  “  Hutan Sebagai Media Pembelajaran Geografi Lingkungan Bagi Dunia Pendidikan ”.

.………………………………………………………………………………………………………..

Ingin Download file lengkap dibawah ini…..silahkan dicopy-paste, tetapi cantumkan sumbernya dari blog ini dari bhianrangga.wordpress.com , dan sertakan daftar pustaka yang relevan

 

MAKALAH HUTAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN GEOGRAFI LINGKUNGAN

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s