TEORI DAN KONSEP MIGRASI

           Migrasi merupakan salah satu faktor dari ketiga faktor dasar yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk, sedangkan faktor lain adalah kelahiran dan kematian. Peninjauan migrasi secara regional sangatlah penting, mengingat adanya densitas dan distribusi penduduk yang tidak merata, adanya faktor pendorong dan penarik migrasi, adanya disentralisasi dalam pembangunan, di pihak lain komunikasi termasuk transportasi semakin lancar. Migrasi antar bangsa (migrasi internasional) tidak begitu berpengaruh dalam menambah atau mengurangi jumlah penduduk suatu negara kecuali di beberapa negatra tertentu yang berkenaan dengan pengungsian, akibat dari bencana baik alam maupun perang.  Pada umumnya orang yang datang dan pergi antarnegara boleh dikatakan berimbang saja jumlahnya. Peraturan – peraturan atau undang – undang yang dibuat oleh banyak negara umumnya sangat sulit dan ketat bagi seseorang untuk bisa menjadi warga negara atau menetap secara permanen di suatu negara lain. Barangkali untuk Indonesia hanya tahun 1959 yang patut dicatat dengan migrasi internasional yakni adanya ”exodus” orang orang Tionghoa akibat dikenakannya peraturan pemerintah No. 10 tahun 1959 dengan tidak diakuinya adanya dua kewarganegaraan bagi orang orang cina di Indonesia.

           Berdasarkan latar belakang di atas, akan kami uraikan pembahasan mengenai migrasi terutama pada pemahaman konsep, definisi atau istilah mengenai migrasi, sekilas kebijakan pemerintah tentang migrasi, dan perhitungan – perhitungan sederhana migrasi.

.………………………………………………………………………………………………………..

Ingin Download file lengkap dibawah ini…..silahkan dicopy-paste, tetapi cantumkan sumbernya dari blog ini dari bhianrangga.wordpress.com , dan sertakan daftar pustaka yang relevan

MAKALAH DEMOGRAFI KELOMPOK

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s