IDENTIFIKASI PERMASALAHAN KEPENDUDUKAN KOTA SURAKARTA TAHUN 2008

     Masalah kependudukan merupakan masalah dasar terjadinya masalah – masalah sosial. Pertumbuhan demografi suatu kelompok penduduk mengakibatkan pertumbuhan kebutuhan hidup. Tidak terpenuhinya kebutuhan hidup ini dapat menyebabkan terjadinya berbagai masalah, baik masalah ekonomi, masalah kependudukan,masalah sosial,  masalah pendidikan, masalah kesehatan, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, pada intinya penduduklah yang berpengaruh positif dalam mendorong peningkatan usaha kesejahteraan masyarakat, di samping itu juga berpengaruh negatif terhadap terjadinya berbagai masalah sosial dalam masyarakat.

     Kota Surakarta merupakan kota yang berkembang, di mana daerah tersebut mempunyai jumlah dan kepadatan penduduk yang cukup tinggi. Dengan kepadatan penduduk yang cukup tinggi ini akan berdampak pada masalah masalah sosial seperti perumahan pendidikan, kesehatan, angkutan / transportasi, dan lain sebagainya. Saat ini kota Surakarta telah berkembang menjadi kota besar yang mempunyai fungsi ganda, yakni sebagai kota pusat perdagangan, pariwisata, budaya, dan olahraga. Kota Surakarta juga telah ditetapkan sebagai pusat pengembangan Jawa Tengah bagian timur dan selatan, Dan sejak ditetapkannya Bandara Adi Sumarmo sebaga bandara internasional, kota Surakarta diharapkan sebagai pintu gerbang pariwisata internasional Jawa Tengah, melengkapi fungsi – fungsi lain sebagai kota budaya, pariwisata, industri, perdagangan, serta pendidikan. Adapun permasalahan penduduk yang dihadapi kota Surakarta cukup banyak. Di samping jumlah penduduk yang terus meningkat dibarengi dengan tingkat kepadatan yang semakin tinggi, perluasan lahan serta jumlah penduduk yang makin meningkat di luar kota yang melakukan kegiatan sehari – hari dan menggunakan fasilitas kota pada siang hari. Fasilitas yang ada di Surakarta merupakan daya tarik kuat bagi kebanyakan penduduk untuk tinggal dan menetap di dalamnya. Dua faktor utama penyebab penduduk datang dan menetap di daerah kota Surakarta adalah faktor penarik dan faktor pendukung di pedesaan

1.. Faktor penarik            : tingginya tingkat pelayanan fasilitas umum ( misalnya : hotel, pasar, swalayan, kantor), banyak kesempatan kerja ( misalnya : banyaknya kegiatan industri ), kemudahan terjangkau ( misalnya : jalan, akses sarana transportasi), serta besarnya peluang meningkatkan diri ( misalnya : banyaknya lapangan kerja )

2. Faktor pendukung       : rendahnya tingkat pelayanan umum, sempitnya lapangan pekerjaan, sulitnya pengembangan ekonomi di daerah pedesaan.

   Pada makalah ini akan kami uraikan mengenai permasalah – permasalahan yang berkaitan dengan kependudukan di kota Surakarta. Dari lingkup bahasan yang sepertinya cukup sempit ini ternyata banyak masalah yang menjadi pekerjaan pemerintah kota Surakarta pada khususnya dan masyarakat kota Surakarta pada umumnya untuk saat ini dan yang akan datang.

………………………………………………………………………………………………………..

Ingin Download file lengkap dibawah ini…..silahkan dicopy-paste, tetapi cantumkan sumbernya dari blog ini dari bhianrangga.wordpress.com , dan sertakan daftar pustaka yang relevan

MAKALAH DEMOGRAFI KOTA SURAKARTA 2008_BHIAN RANGGA JR_K5410012

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s