Analisis Dampak Kawasan Resapan Terhadap Kebutuhan Air Bagi Masyarakat Di Kota Surakarta

Sumberdaya air merupakan karunia Tuhan Yang Maha Esa yang memberikan banyak manfaat bagi kehidupan makhluk hidup termasuk manusia untuk dapat melaksanakan segala aktivitas kehidupannya. Air merupakan zat kehidupan karena tidak satupun makhluk hdup di bumi ini tidak membutuhkan air. Kebutuhan air pada manusia dapat digunakan untuk kebutuhan rumah tangga, irigasi,kebutuhan industri, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, melihat pentingnya kegunaan air bagi makhluk hidup maka sumberdaya air harus tetap dilestarikan secara seimbang kelestariannya.
Kota Surakarta merupakan kota yang terus mengalami perkembangan. Perkembangan tersebut merupakan pembangunan fisik di bidang permukiman, jasa, dan industri untuk menjamin kesejahteraan penduduknya yang terus mengalami penambahan jumlah penduduk. Kota Surakarta merupakan kota terpadat di propinsi Jawa tengah, sehingga aktivitas kegiatan penduduk baik di bidang jasa dan lain sebagainya tumbuh pesat. Dengan bertambah pesatnya kegiatan tersebut mendorong pertumbuhan penduduk dan pembangunan di segala bidang yang begitu cepat akan menyebabkan perubahan tataguna lahan. Banyak lahan – lahan yang semula berupa lahan terbuka berubah menjadi areal permukiman maupun industri. Sehingga kawasan hijau di kota surakarta seiiring bertambahnya tahun maka akan semakin berkurang. Sehingga dengan adanya perubahan tataguna lahan di kota Surakarta akan berdampak meningkatnya aliran permukaan sekaligus menurunnya air yang meresap ke dalam tanah. Kebutuhan air bagi masyarakat Surakarta akan bertambah banyak seiiring dengan pertambahan jumlah penduduk di kota Surakarta. Berdasarkan latar belakang tersebut, penulis tertarik untuk menyusun makalah dengan judul “ Analisis Dampak Kawasan Resapan Terhadap Kebutuhan Air Bagi Masyarakat Di Kota Surakarta “.

………………………………………………………………………………………………………..

Ingin Download file lengkap dibawah ini…..silahkan dicopy-paste, tetapi cantumkan sumbernya dari blog ini dari bhianrangga.wordpress.com , dan sertakan daftar pustaka yang relevan

MAKALAH ANALISIS DAMPAK KAWASAN RESAPAN TERHADAP KEBUTUHAN AIR BAGI MASYARAKAT DI KOTA SURAKARTA

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s