Menghitung Debit Aliran Permukaan Di Kecamatan Serengan Tahun 2008

Kota merupakan pusat kegiatan penduduk yang meliputi aktivitas usaha, pemerintahan, jasa, tempat tinggal dan rekreasi. Kota Surakarta yang merupakan salah satu kota dengan banyaknya daerah hinterland menjadi sentral bagi kawasan hinterland di sekitarnya. Sebagai pusat kegiatan, pemekaran kota lebih cepat dibandingkan dengan pemekaran pedesaan. Akibat dari pemekaran kota tersebut, akan semakin banyak berdiri bangunan-bangunan dengan bahan dasar beton di atas permukaan tanah, jaringan jalan yang diperkeras dengan aspal. Dampaknya, infiltrasi akan semakin berkurang sehingga pada saat hujan aliran permukaan semakin tinggi dan banyak terjadi penggenangan.
Semenjak manusia mempunyai pola hidup menetap, terjadi pemusatan permukiman di kawasan-kawasan potensial seperti dataran banjir (flood plain) dan pantai. Manusia selalu mempertimbangkan aspek kesuburan tanah dan keberadaan sumber air dalam pemilihan lokasi tempat tinggalnya. Sejalan dengan perkembangan peradaban, terjadi pemusatan permukiman di kawasan potensial tersebut yang berkembang menjadi perkotaan.
Kota Surakarta merupakan kota madya (menengah) yang memiliki lahan tidak terlalu luas namun memiliki angka pertumbuhan penduduk cukup tinggi. Konversi lahan terbuka menjadi penggunaan lahan perkotaan (urban landuse) sangat tinggi tiap tahunnya. Daerah resapan air semakin berkurang dari waktu ke waktu menjadi area terbangun. Medan kota yang mayoritas berupa dataran dan berdekatan dengan Bengawan Solo berpeluang besar terjadi banjir. Banjir terjadi akibat manajemen neraca air yang tidak seimbang yang dapat disebabkan oleh alam maupun manusia. Kajian kali ini dilakukan guna mengetahui potensi terjadinya banjir di Kecamatan Serengan Tahun 2008.

……………………………………………………………………………………………………..

Ingin Download file lengkap dibawah ini…..silahkan dicopy-paste, tetapi cantumkan sumbernya dari blog ini dari bhianrangga.wordpress.com , dan sertakan daftar pustaka yang relevan

MAKALAH DEBIT ALIRAN PERMUKAAN DI KECAMATAN SERENGAN KOTA SURAKARTA TAHUN 2008

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s