PEMBANGUNAN FISIK DAN PEMBANGUNAN NONFISIK

Dewasa ini bangsa Indonesia sedang melakukan pekerjaan yang besar mengisi kemerdekaan dengan melaksanakan pembangunan. Pembangunan ini meliputi segala aspek kehidupan di seluruh nusantara. Melakukan pekerjaan yang besar ini menuntut keuletan, ketangguhan, kecerdasan dan kecermatan yang tinggi. Oleh karena itu, berbagai keahlian, berbagai pengetahuan, dan berbagai ilmu wajib diterapkan dalam melaksanakan pembangunan di kawasan nusantara yang luas yang terdiri dari corak ragam kondisi fisis dan nonfisis, ekonomi dan non ekonomi, material dan nonmaterial, dan lain sebagainya.
Menurut Bintarto dalam bukunya berjudul Pengantar Geografi Pembangunan, ( 1975 ), dijelaskan sebagai berikut : Geografi pembangunan adalah suatu studi yang memperhatikan aspek – aspek geografi yang menunjang sesuatu pembangunan wilayah. Wilayah yang dimaksud di sini adalah wilayah pedesaan atau wilayah perkotaan, dapat pula diartikan sebagai daerah yang dibatasi oleh batas – batas politis atau administrasi.Sehingga pembangunan baik yang berkenaan dengan aspek fisik maupun non fisik tidak lepas dari permukaan bumi sebagai ruang tempat pembangunan itu berlangsung. Oleh karena itu, perancangan, perencanaan dan pelaksanaan pembangunan perlu dilakukan sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan umat manusia sesuai dengan tujuan pembangunan itu sendiri.
Pemangunan dapat dilakukan secara fisik maupun nonfisik. Tujuan utama pembangunan adalah untuk menaikkan tingkat hidup dan kesejahteraan rakyat. Dapat pula dikatakan pembangunan bertujuan untuk menaikkan mutu hidup rakyat. Oleh karena itu, pembangunan fisik dan pembangunan nonfisik perlu disinergikan agar tujuan utama pembangunan dapat tercapai.

………………………………………………………………………………………………………..

Ingin Download file lengkap dibawah ini…..silahkan dicopy-paste, tetapi cantumkan sumbernya dari blog ini dari bhianrangga.wordpress.com , dan sertakan daftar pustaka yang relevan

MAKALAH PEMBANGUNAN FISIK DAN NONFISIK_BHIAN RANGGA JR_K5410012

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s