PENDAHULUAN PENGANTAR ILMU PENDIDIKAN

Masalah pendidikan merupakan masalah yang muncul sejak adanya manusia. Manusia adalah makhluk ciptaan Tuhan yang paling tinggi derajatnya bila dibandingkan dengan makhluk – makhluk lain yang ada di dunia atau di alam semesta ini. Dalam diri manusia terdapat potensi – potensi yang dapat berkembang melalui pengaruh – pengaruh dari luar. Perkembangan potensi ini pada umumnya menuju kearah seribu satu arah, artinya arah yang menuju kebaikan dan arah menuju kejelekan. Pendidikan pada dasarnya memberikan kesempatan kepada potensi – potensi itu untuk berkembang kearah kesempurnaan serta mencegah atau mengendalikan kemungkinan – kemungkinan terjadinya perubahan yang mengarah kejelekan.

Menurut paham filsafat Existensialisme, manusia adalah sesuatu yang ada penuh potensi untuk berkembang terus, merealisasikan diri, menyempurnakan ujud adanya sebagai manusia. Dalam menyempurnakan diri sendiri disamping dipengaruhi unsur – unsur yang datang dari luar juga daya – daya yang datang dari individu ( daya eksogin dan endogen ). Diantara sekian banyak pengaruh atau daya dari luar diri manusia yang disengaja dan menguntungkan itu tidak lain adalah pendidikan. Pendidikan dikatakan menguntungkan karena pendidikan akan memberikan arah perkembangan yang tepat, lagi pula meningkatkan kelancaran perkembangan. Hanya manusialah yang memerlukan pendidikan sedangkan selain manusia tidak memerlukan pendidikan. Pada binatang ada tindakan yang mirip merupakan tindakan pendidikan. Tindakan yang mirip pendidikan disebut dressur.

………………………………………………………………………………………………………..

Ingin Download file lengkap dibawah ini…..silahkan dicopy-paste, tetapi cantumkan sumbernya dari blog ini dari bhianrangga.wordpress.com , dan sertakan daftar pustaka yang relevan

MAKALAH PENDAHULUAN PENGANTAR ILMU PENDIDIKAN

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s