Implementasi Range Concept Dalam Penentuan Lokasi Industri

Industri, secara umum merupakan segala aktivitas manusia dalam bidang ekonomi yang menghasilkan barang dan jasa. Secara khusus, industri adalah kegiatan ekonomi yang mengolah bahan mentah, bahan baku, bahan setengah jadi, dan barang jadi menjadi barang nilai yang lebih tinggi untuk penggunaannya, termasuk kegiatan rancang bangun dan perekayasaan industri (UU No.5-Tahun 84).

Dewasa ini, perkembangan sektor industri di Indonesia  menyebabkan terjadinya percepatan munculnya bangunan industri, penambahan devisa negara, serta mengurangi jumlah pengangguran. Namun, hal tersebut jika tidak diimbangi dengan kebijakan-kebijakan yang kuat dan analisa lokasi khususnya lokasi industri yang tepat, maka keberadaan kawasan industri disamping memberikan dampak positif juga akan mempengaruhi potensi, kondisi, dan mutu sumber daya alam dan lingkungan sekitar.

Meskipun munculnya perindustrian acap kali dikarenakan faktor kebetulan belaka, akan tetapi sebenarnya ada sejumlah faktor yang ikut menentukan berdirinya industri di suatu wilayah, yaitu faktor ekonomis, historis, manusia, politis, dan geografis. Faktor geografis diduga paling menentukan berdirinya sebuah industri. Faktor-faktor tersebut antara lain yaitu: bahan mentah(bahan baku), sumber energi, tenaga kerja, threshold, pangsa pasar, transportasi, dan range.

Salah satu faktor penunjang berdirinya sebuah industri adalah range. Range merupakan jarak efektif keterjangkauan akses antara wilayah konsumen dengan wilayah produsen atau industri. Berbicara tentang range tentunya tidak terlepas dari teori lokasi dari Christaller. Christaller, seorang geograf Jerman pada tahun 1933 menerbitkan gagasannya berupa buku tentang teori tempat pusat atau teori kedudukan pusat. Christaller mengembangkan asumsi-asumsi yang dikemukakan antara lain: suatu lokasi yang memiliki permukaan datar yang seragam, lokasi tersebut memiliki jumlah penduduk yang merata, serta lokasi tersebut mempunyai kesempatan transpor dan komunikasi. Dengan asumsi tersebut timbullah suatu konsep dalam kaitannya dengan sebuah industri yaitu timbullah suatu konsep mengenai range (jangkauan). Untuk mengetahui lebih detail lagi mengenai konsep range (jangkauan), maka akan dijelaskan dalam pembahasan selanjutnya.

 ………………………………………………………………………………………………………..

Ingin Download file lengkap dibawah ini…..silahkan dicopy-paste, tetapi cantumkan sumbernya dari blog ini dari bhianrangga.wordpress.com , dan sertakan daftar pustaka yang relevan

MAKALAH IMPLEMENTASI RANGE CONCEPT DALAM PENENTUAN LOKASI

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s